Formulir Kontak

 

Memanfaatkan Teknologi untuk Melestarikan Budaya dan leluhur Bansa Indonesia

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis. Teknologi juga menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup kita. Dari Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini telah banyak menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan budaya dan nilai luhur bangsa kita. Dikarnakan banyaknya sumber informasi dari teknologi ternyata menimbulkan sebuah kecenderungan yang mengarah terhadap memudarnya nilai-nilai pelestarian budaya bangsa kita. Budaya Indonesia yang dulunya ramah-tamah, bergotong royong dan sopan berganti dengan budaya barat, misalnya pergaulan bebas


  Bukan hal yang harus pungkiri, dari teknologi sendiri sangatlah memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, seperti halnya teknologi informasi yang bersumber dari televisi, internet dan lain sebagainya. Dari media-media teknologi sekarang, tentu  kita bisa melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa. Dari peran teknologi itu sendiri, didalam melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia melalui :

Melalui  Televisi
Televisi merupakan salah satu media penyampaian informasi, misalnya informasi tentang kebudayaan. Maka dari itu, industri pertelevisian perlu menambah acara–acara tentang kebudayaan Indonesia. Dari tayangan tentang kebudayaan itu, masyarakat akan mengenal lebih jauh tentang kebudayaan dan leluhur bangsa kita. Tayangan tentang kebudayaan Indonesia sendiri dapat juga dijadikan ajang promosi kepada dunia, dan juga menghindari pengklaiman kebudayaan kita oleh negara lain yang diakuinya :(

           Melalui Internet
    Merupakan media penyampaian informasi yang dapat digunakan dalam pelestarian budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia. Dari media internet sendiri kita bisa mengenalkan kebudayaan kita kepada masyarakat dan dunia melalu beberapa jejaring sosial yang sedang populer seperti :
  -Media facebook ,twitter, Instragram , google +
    Melalui situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini kita bisa melestarikan budaya dan nilai luhur bangsa Indonesia dengan menampilkan, memposting, memberitahu ke berbagai group tentang tradisi, adat istiadat, pakaian daerah, makanan khas, kesenian  daerah bangsa Indonesia.
       -Media youtube dan situs Jejaring Video lainnya
    Kita bisa menampilkan berbagai macam video mengenai kesenian daerah bangsa Indonesia, mulai dari Tarian daerah, Teater, Wayang kulit dll. Selain itu juga, kita bisa menampilkan video yang menggambarkan rasa menghormati,kerukunan, kegotong royongan dan tenggang-rasa.
       -Media BLOG dan WEB
   Media Blog dan Web sendiri merupakan suatu media yang digunakan untuk mengekspresikan pemikiran-pemikiran dari seseorang, dalam upaya pelestarian budaya. Dari media blog dan web sendiri kita dapat memposting sekaligus, dengan menjadikannya lahan mempublikasikan kebudayaan Indonesia dengan menampilkan post, gambar, video dan animasi. Dari itu, blog dan web tersebut dapat menjadi sebuah sumber refrensi dan informasi baik bagi masyarakat Indonesia maupun didunia. yap, seperti contoh blog ini yang mempromosikan kebudayaan Indonesia :)) hehe..

Total comment

Author

Unknown

0   komentar

Cancel Reply